Biaya ke Pulau Sumba dan Tips Berkunjung ke Sini

Explore Sumba memang nggak ada habisnya. Banyak pantai cantik di Sumba Barat daya, dan bukit-bukit cantik untuk menanti sunset di Sumba Timur. Kali ini saya mau share biaya ke pulau Sumba, serta gimana cara explore Sumba.

Pantai Kita di Mananga Aba - Sumba Barat Daya. Totally a nice place to catch the sunset!
Pantai Kita di Mananga Aba – Sumba Barat Daya. Totally a nice place to catch the sunset!

Biaya ke Pulau Sumba

Waktu ke sini saya dan keluarga ikut private tour 5D4N seharga Rp2.995.000,- /orang sudah include semua, kecuali guide tip, tiket pesawat, dan shopping. Kebanyakan tour menyediakan paket 4D3N, tapi percaya deh, saya yang extend jadi 6 hari aja masih merasa kurang!

Flight ke Sumba waktu itu dimulai dengan Waikabubak (TMC) – Sumba Barat Daya, lalu road trip ditutup di Waingapu (WGP) – Sumba Timur. Keduanya transit di Denpasar, guys!

Kira-kira total biaya ke pulau Sumba – 5 hari + tiket pesawat PP Garuda Indonesia (high season) sekitar Rp7.000.000,- dan tanpa belanja lho ya! Tentunya kalau kamu cuma 4 hari + tiket pesawat PP Lion Air sekitar Rp 5.000.000,- lebih. Kedua estimasi ini belum sama belanja kain Sumba & oleh-oleh, serta tip ke guide ya.

Private Tour Sumba

Untuk private tour Sumba kamu bisa contact Umbu Patris 0812-4631-0649, atau Hotel Sinar Tambolaka. Btw, kalau contact umbu Patris harusnya bisa dapat harga lebih murah, karena harga paket yang saya dapat di atasmerupakan harga yang sudah di mark-up oleh operator tour. 

Tips Liburan ke Sumba

Siapin mental untuk pipis di alam bebas

Belum ke Sumba kalau belum pipis di alam bebas. HAHAHA. Di Sumba ini jarang bisa nemuin WC umum, belum lagi perjalanannya juga jauh banget.

Bawa buku tulis dan pulpen

Di Sumba kamu akan ketemu banyak anak-anak, jadi siapkan stock buku tulis dan pulpen untuk dibagikan ke mereka. Kamu juga boleh siapkan sedikit snack seperti Richeese Pasta supaya lebih mudah dibagikan.

Edukasi warga sekitar untuk nggak minta-minta uang

Sorry, but you have to know this, daerah wisata Sumba Barat Daya warganya sudah terlanjur money-oriented. Belum lagi di Ratenggaro, kampung tercantik di seluruh Sumba. Di sini saya paling nggak nyaman karena diminta-minta uang sama anak-anak. Kalau kamu mau bantu, lebih baik beli barang yang mereka jual aja. Kamu juga bisa lakukan apa yang saya lakukan waktu itu,yaitu langsung kasih tahu ke mereka kalau nggak boleh minta-minta uang kayak gitu, dengan cara baik-baik lho ya jangan galak-galak.

Selalu sama tour guide

Untuk menghindari ketidaknyamanan, pastikan untuk selalu sama tour guide. Waktu ke Pantai Bawana, saya dikasih tahu bahwa pernah ada ibu-ibu yang dirampok. Waktu turun ke sini juga sebaiknya minta bantuan tour guide, nggak perlu dibantu warga lokal, karena nanti ujung-ujungnya kamu bakal diminta uang karena sudah ditolongin (UANG! LAGI-LAGI UANG).

Tetap sopan

Ke manapun kamu pergi, mau kampung adatnya banyak anak-anak yang suka malak uang atau enggak, pastikan selalu senyum dan sopan, karena kita hanya tamu. Banyak juga kok area Sumba yang educated dan orangnya ramah-ramah, misalnya Kampung Adat Prai Ijing dan Bukit Wairinding.

Kampung Prai Ijing Sumba Tengah, desa dengan penduduk yang ramah dan well educated
Kampung Prai Ijing, salah satu desa yang sudah well educated karena lokasinya agak di tengah kota. Jangan heran kalau ketemu parabola di desa ini ya, namanya juga udah modern.

Cobain Ro’o Luwa dan Belanja Oleh-oleh Kacang Mete Sumba

Kalau ke Sumba, kamu wajib coba makanan khasnya, yaitu Ro’o Luwa (bubur singkong tumbuk) dan berbagai ayam rebusnya. Kamu bisa coba di restoran Ro’o Luwa yang ada di Sumba Barat Daya. Kalau untuk oleh-oleh kamu bisa belanja kacang mete di daerah Sumba Timur, ada satu toko punya asuk-asuk (om-om keturunan Tionghua) yang menyediakan berbagai kacang mete enyaakkk.

Kalau belanja kain Sumba, kak?

Nah, yang ini kayaknya lebih asyik kalau dipisahkan ke sebuah blog post sendiri. Tunggu ya, nanti saya akan share tips dan trik beli kain Sumba di post minggu depan!

Informasi biaya ke pulau sumba dan private tour Sumba
Say hi! Ini adik kita di Kampung Prai Ijing. Manis banget ya senyumnya.
5 replies on “ Biaya ke Pulau Sumba dan Tips Berkunjung ke Sini ”
    1. Halo, biasanya berbeda-beda. Cuma untuk kenyamanan, disarankan untuk 6 orang supaya harganya lebih affordable dan trip jg lebih nyaman.

  1. Hi Mba, menarik bgt blog ttg Sumbanya . Mau tanya klo utk 6D5N itu jd brp yah biayanya dgn private tour yg Mba pake (asumsi 6org). Terima kasihhh

    1. Kalau untuk skrg aku kurang tau ya, mgkn private trip per orang bs di kisaran 3jt per orang, untuk hr pertama bs sewa mobil dg charge 250-300 per mobil (incl driver). Namun kalau harga tiket kurang tau kak, apalagi sejak pada naik 🙁

      1. Siaapp utk tiket iyahh mahal tp apalah daya sumba cantik mengalahkan utk g bsa dkunjungi . Makasiii infonya ya Ka ☺

Leave a Reply