Villa Tanjung Putus Lampung: Surga di Teluk Lampung

Kali ini saya mau share destinasi wisata yang sudah saya kunjungi dari SD sampai segede bagong gini, namanya Tanjung Putus di area Teluk Lampung. Banyak warga Lampung sendiri yang nggak tahu tempat ini di mana, dan saya cukup beruntung karena papa saya yang sempat menjadi anggota Corona Diving Club sudah rutin mengajak saya ke sini dari kecil. Hehehe. finleysusanto_wanderlust_lampung_1finleysusanto_wanderlust_lampung_4finleysusanto_wanderlust_lampung_5

Kalau menginap di Villa Tanjung Putus, kamu harus siap-siap makan-tidur-berenang-makan-tidur-karaokean-makan-tidur. REPEAT!

Satu hal yang nggak pernah berubah dari Tanjung Putus adalah airnya yang selalu jernih dan biru. Nggak perlu jauh-jauh ke Indonesia Tengah atau Timur untuk menikmati air sejernih ini.

finleysusanto_wanderlust_lampung_2finleysusanto_wanderlust_lampung_3Untuk underwater spots menurutku cukup okay. Oh ya, di Tanjung Putus juga membudidayakan kima lho, sejenis kerang besar yang sering ditemukan di Sulawesi Tenggara. Kalau teliti waktu berenang kamu bisa lihat kima bertebaran. Eits, tapi jangan dipegang ya, nanti kalau dicaplok bisa berabe!

Paket Wisata Tanjung Putus Lampung

Kebetulan keluarga besar saya punya penginapan di Tanjung Putus Lampung, yang bisa disewakan. Contact person villa Tanjung Putus: Lily – 085273877461.

Urusan harga tergantung jumlah rombongan, supaya lebih murah sebaiknya minimal 30 orang dengan harga Rp500.000,-/orang/malam. Umumnya, keluarga besar atau rombongan teman yang pergi ke sini.

Harga paket wisata Tanjung Putus Lampung include makan 3x yang dijamin enak karena dimasak sama tante Lily sendiri. Saya tiap ke sini makannya selalu nambah,nggak pernah nggak!

Harga paket wisata Tanjung Putus Lamung ini juga include kapal ketinting untuk pick up dan antar kamu kembali ke meeting point, dan island hoping ke Pahawang dan sekitarnya. Yes, Pahawang memang sejalur dengan Tanjung Putus.

Kalau kamu ingin menggunakan kapal yang lebih besar, kamu bisa sewa kapal Green Sea dengan harga sekitar Rp5.000.000,- / hari, kalau naik kapal ini kamu cukup ke dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Lampung. Untuk sewa kapal ini, contact tante Lily juga, ya.

finleysusanto_wanderlust_lampung_13
Contoh kapal katinting yang saya foto dari jauh.

Cara ke Villa Tanjung Putus Lampung

Buat warga Lampung

  1. Nyetir ke dermaga Ketapang РPesawaran atau kalau naik kapal besar ya tinggal ke TPI Lampung. Untuk mobil yang menginap, bayar  Rp25.000,-/malam.
  2. Kalau ingin lebih murah lagi (dan durasi jauh lebih lama), kamu bisa nyetir ke Pengasin Punduh dan menginapkan mobil di sana. Lalu dari Pengasin Punduh naik speed boat 5 menit ke Vila Lily. Harganya sekitar Rp5.000,-/orang. Tentunya dengan opsi ini lebih ribet, walaupun harganya bisa lebih murah, coba contact tante Lily, yaa.

Buat warga luar Lampung 

  1. Naik kapal roro dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni, atau naik Damri dari Gambir ke Stasiun Lampung (lebih praktis).
  2. Lanjut, naik taxi Avanza ke dermaga Ketapang (3 – 4 jam) atau menyetir mobil pribadi ke dermaga Ketapang.
  3. Nanti kamu akan di-pick up oleh kapal yang sudah disediakan untuk mengantar ke Penginapan di Tanjung Putus – Villa Lily (45 menit – 1 jam).

Kalau mau tahu serunya menginap dan snorkeling di sini, simak video sepupu saya, Handy Sunjaya, di sini!

Leave a Reply