#BaliSeries: 3 Tempat Wisata di Munduk Bali yang Nggak Biasa!

Halo gengs! Akhirnya ketemu juga nih waktu untuk sharing liburan saya ke Bali di April lalu. Di seri pertama ini saya mau mengupas tentang tempat wisata di Munduk Bali. Daerah Munduk ini lokasinya secluded, peaceful, sejuk, dan lebih dekat dengan alam. Kalau nyetir santai dari Seminyak, kira-kira sekitar tiga jam. Jauh? BANGET.

Untungnya saya ditemani oleh wanita strong yaitu @fransiskaapriliyati yang benar-benar semangat dan menikmati perjalanan panjang ini. Gimana enggak? Sepanjang jalan kita melewati daerah-daerah yang hijau, sejuk, dan beneran kembali ke Bali yang sederhana.

Untuk tempat wisata di Munduk Bali biasanya memang cenderung kembali ke alam, ya. Kamu bisa mengunjungi Air Terjun Munduk, Puncak Wanagiri untuk selfie, Jatiluwih (semacam rice terrace yang less crowded than Tegalalang), Danau Buyan, Baratan, Tamblingan, dan berbagai air terjun lainnya di sekitar sini.

Tapi, saya cuma mampir untuk satu malam, jadi baru explore beberapa aja.

Taman Bunga Hydrangea

Di sini banyak sekali kebun warga yang menanam hydrangea, karena mungkin temperaturnya yang sesuai. Orang lokal biasanya menyebut bunga ini sebagai bunga pecah seribu (CMIIW). Bunga ini sendiri sering dibentuk bouquet dan dijual mahal kalau di Jakarta.

Demi eksistensi di dunia maya, akhirnya kita mampir ke sini (padahal gak di-upload juga sih, haha!). Kebetulan lokasinya ini sekitar 2 KM dari hotel kami di Munduk. Btw, kalau kamu berniat ke sini, jangan lupa izin dengan pemilik kebun ya. Ingat untuk jalannya harus hati-hati dan jangan sampai terinjak & merusak tanaman karena bunga itu biasanya untuk dijual lagi.

Harga: gratis!

 

Danau Tamblingan dan Buyan

Saya nggak benar-benar mampir sih ke sini. Kebetulan lokasi hotel saya memang berada di dataran yang lebih tinggi, jadi kami saya drop by di spot yang memang sudah disediakan untuk foto-foto. Lokasinya di deretan Puncak Wanagiri. Di sini kamu bisa sewa pondok sambil ngopi-ngopi dan menikmati view danau kembar. Waktu itu kami cuma parkir terus foto-foto dan angsung cabs dari sini. Soalnya, kami masih mau mengejar waktu untuk ke kebun bunga gemitir Bali / ladang bunga marigold.

Harga: parkir Rp3.000,-

Lokasi:

Bali Handara Golf Course

Ini nih gerbang paling Instagrammable se-Bali. Gara-gara si @doyoutravel mampir ke sini, langsung deh satu dunia foto ke sini juga. Emang bener-bener influencer sejati ya? Haha. Sebenernya ini cuma pintu masuk mobil ke golf course biasa, namun sekarang udah di-monetize lol.

Lokasinya udah di daerah Bedugul, tapi masih dekat dengan Munduk, jadi masih bisa dimasukkin ke list tempat wisata di Munduk Bali lah ya.

 

Harga: Rp20.000,- / orang / domestik

Lokasi:

Tambahan:

Waktu turun ke daerah Ubud, kita juga sempat mampir di warung nasi lawar (pecel khas Bali – makanan khas favorit saya) yang ada di pinggir jalan, namanya Lawar Bali Pacung. Ini pure random, asal pilih karena udah gak ada ide mau makan apa. Eh, ternyata enak lho! Di sini jual nasi lawar dengan babi. Nih penampakannya:

Harga: Rp25.000,- / porsi

Lokasi:

1 reply on “ #BaliSeries: 3 Tempat Wisata di Munduk Bali yang Nggak Biasa! ”

Leave a Reply