#BaliSeries: Ladang Bunga Marigold di Bali Kece Abis

Ini nih salah satu post Insta Story saya yang dapat respon cukup banyak. Semua pada nanya, “eh ini di Bali sebelah mana?” atau  “eh kok nemu aja sih?” Okelah, akan ku jelaskan di manakah lokasi ladang bunga Marigold yang sempat saya post di Insta story di blog post kali ini.

Pertama-tama, saya jelakan singkat dulu ya tentang bunganya.

Bunga Gemitir

Bunga warna orange yang cantik ini disebut marigold atau bunga gemitir. Sama seperti bunga hydrangea, bunga ini juga dipakai di ritual keagamaan di Bali.

Bunga gemitir ini juga dipakai oleh orang-orang India dan Mexico untuk ritual keagamaan juga, lho. Berdasarkan informasi yang saya dapat dari mbok-mbok yang menanam bunga (maklum anaknya suka tiba-tiba bawel kalo lagi jalan-jalan), bahkan bibit bunga gemitir di Bali juga dijual ke India.

Untuk tumbuh dari bibit sampai benar-benar tinggi, biasanya diperlukan hingga 60 hari, lalu nanti bunganya akan dipotong pakai cutter. Dan dalam waktu 5 hari setelah dipotong, biasanya si bunga gemitir akan mulai berkembang lagi.

Terus saya tanya lagi deh, ini bunganya memang untuk ditanam pribadi atau dijual lagi? Jawabannya, dijual lagi. Biasanya bunga yang sudah dipotong akan dikumpulkan, dan dijual per keranjang. Harga jualnya juga variatif, mulai dari Rp5.000 – 20.000,- tergantung kondisi bunga se-prima apa.

Lokasi Ladang Bunga Marigold

Jadi untuk mencari si taman bunga gemitir atau ladang bunga marigold ini sebenarnya nggak susah-susah amat, karena cenderung ada di mana-mana, bahkan di pinggiran Ubud juga ada. Kamu juga bisa ke dataran yang lebih tinggi untuk mencari taman bunga gemitir Bali, di daerah Munduk juga seharusnya ada, ya.

Untuk yang satu ini, saya foto di daerah Mayungan – Baturiti. Kok bisa sampe sini? Gara-gara saya mengikuti Google Maps: Bali Gemitir. Sayangnya, akses ke situ jelek banget. Jadi perjalanan kita terhenti, dan memutuskan untuk foto di ladang bunga marigold manapun yang kita temukan di sepanjang jalanan desa.

Waktu mampir ke sini kebetulan tangkainya masih pendek karena cuaca waktu itu lagi berubah-ubah, kadang panas dan tiba-tiba hujan. Kalau lagi bagus, biasanya tangkai bunga gemitir bisa lebih tinggi lagi.

Again, kalau mau foto-foto di taman bunga gemitir, wajib izin sama yang menanam bunga, ya. Lebih bagus lagi kalau sambil ajak ngobrol, karena mereka tuh seneng lho ngobrol-ngobrol. Tanya sedikit aja, terus jelasinnya bisa ke mana-mana.

Harga: gratis

Lokasi:

Leave a Reply