Explore Sumba: Wajib Kunjungi 5 Destinasi Ini. Dijamin Ngiler!

Juli 2017 lalu, saya sempat explore Sumba untuk melihat keindahan pulau Sumba. Ada yang tahu Sumba di mana?

Sumba adalah salah satu pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur, di bawahnya Flores. Sumba itu bukan Sumbawa (terletak di Nusa Tenggara Barat), apalagi Sumatera Barat, ya! Hehe.

Best time to visit Sumba: Juli – Agustus 

Sebelumnya, saya mau kasih tahu kalau ada banyakkkkk sekali tempat wisata keren di Sumba. Saya pilih beberapa dulu ya, ini juga susah banget milihnya.

Pantai Bawana & Tanjung Bawana

finleysusanto_wanderlust_sumba_1
Saat turun ke bawah, biasanya akan ada banyak anak muda yang menawarkan diri untuk gandeng kamu. But … there’s no such thing as free lunch, ya! Tapi nanti mereka pasti minta bayaran begitu sampai di bawah. Mending nggak usah, sih.

finleysusanto_wanderlust_sumba_2finleysusanto_wanderlust_sumba_3

Keindahan pulau Sumba bisa diawali dengan mengunjungi Pantai Bawana. Untuk menuju ke pantai, kamu harus menuruni jalan setapak sekitar 15 menit. Hanya saja untuk beberapa titik ketika sudah mendekati area bawah memang agak curam, pelan-pelan saja asal pijakanmu mantap. Habis dari Pantai, kamu bisa pindah ke Tanjung Bawana untuk foto-foto.

Kampung Adat Wainyapu

Belum explore Sumba kalau belum menghampiri kampung adat. Banyak operator tur membawa turis ke Ratenggaro, yang lebih populer karena memang lebih cantik. Tapi, kamu juga boleh melirik kampung adat Wainyapu, yang menurut saya menarik karena benar-benar masih ‘basic’. Sebagian besar warganya masih malu-malu dan sama sekali tidak bisa bicara bahasa Indonesia. Banyak juga visitor mancanegara yang ke sini untuk research rumah adat.

finleysusanto_wanderlust_sumba_10
Kalau kamu tahu Festival Pasola, festival tersebut diadakan di lapangan ini, letaknya di pintu masuk desa Wainyapu.

Kalau dua foto ini di Ratenggaro. Sayangnya, saya bener-bener nggak enjoy di sini karena banyak anak yang minta-minta uang. Kalau kamu tergerak, lebih baik beli barang jualan mereka saja, seperti gelang/kalung/parang.

Pantai Mandorak

Ini dia pantai di Sumba yang menurut saya paling breathe-taking. Pantai ini dibeli oleh seorang warga Perancis, namun rumah itu sekarang dibiarkan teronggok. Waktu ke sini saya dan keluarga memang sengaja ingin killing time, jadi kita duduk di area atas rumah tersebut sambil makan siang, lalu diam sambil menikmati angin, birunya air laut, dan cahaya matahari. Melankolis banget, ya?

finleysusanto_wanderlust_sumba_16

Air Terjun Tanggedu

finleysusanto_wanderlust_sumba_17
OTW Tanggedu: Savana super luas dan panas!
finleysusanto_wanderlust_sumba_18
Pohon jomblo, nih!

Setelah puas membahas keindahan pulau Sumba bagian barat daya, sekarang mari kita bergeser ke sebelah timur, ke air terjun Tanggedu, air terjun di Sumba Timur yang wajib kamu datangi. Perjalanan ke sini super jauh, track menuju air terjun di Sumba Timur ini juga cukup menantang, sampai sekarang saya masih nggak percaya kalo untuk orang super penakut kayak saya bisa nyampe di air terjun Tanggedu. Btw, air terjun di sini mengandung kapur, jadi jangan sok ide untuk minum air di sini ya hehe.

Tips: Kalau suka something thrilling, cobain deh lompat di air terjun Tanggedu.

finleysusanto_wanderlust_sumba_19
Akhirnyaaa!!

Bukit Wairinding

Processed with VSCO with a5 presetfinleysusanto_wanderlust_sumba_23

Tempat wisata di Sumba Timur yang populer banget ya Bukit Wairinding. Speechless deh waktu ke sini, kamu bisa terhenyak melihat di padang savana eksotis ini. Anak-anak di sini juga betul-betul ramah. Mereka bahkan sempat menyanyikan kami lagu rohani berbahasa Sumba. So lovable!

Puru Kambera

finleysusanto_wanderlust_sumba_28

Explore Sumba ya wajib ke Puru Kambera untuk nunggu sunset. Di Puru Kambera juga banyak kuda Sandalwood yang bergerombol.

Kalau kamu sempat membeli kain tenun Sumba, wajib banget foto di sini! Oh ya, waktu ke sini kamu harus perhatikan tanah yang kamu pijak ya, soalnya banyak ranjau kuda hahaha.

finleysusanto_wanderlust_sumba_29finleysusanto_wanderlust_sumba_30

Sebenarnya masih banyak tempat-tempat lain yang keren banget. Mungkin saya akan share di artikel yang lain sekaligus bahas tips, budget, makanan wajib, dan kain tenun Sumba tentunya. Tungguin, ya!

8 replies on “ Explore Sumba: Wajib Kunjungi 5 Destinasi Ini. Dijamin Ngiler! ”
  1. Halo, mau tanya, untuk trip di Sumba, lebih baik pakai sepatu trekking atau sandal trekking saja cukup? Atau sandal jepit? Thank you

    1. Hi, sorry br lihat. Jangan sandal jepit ya, best pake sandal trekking aja. Track nya ga sulit kok, tp kita perlu pake alas kaki yang pakem aja 🙂

Leave a Reply